Tutorial II: Menambah Watermark Foto via Komputer

Tutorial Menambah Watermark Pada Foto Untuk Pengguna Komputer

1. Siapkan Logo Watermark yang diinginkan dengan format png (gambar a) atau jpeg (gambar b) dan gambar jok yang akan digabungkan dengan watermark.

a. Gambar PNG
b.Gambar JPEG

a. Gambar PNG      b.Gambar JPEG (format png gambar tidak memiliki background, format jpeg gambar memiliki background) *Jika sudah memiliki logo watermark bisa langsung ke bagian nomor 9, jika belum memiliki logo watermark bisa lanjut ke bagian nomor 2 .

2. Install Software Adobe Photoshop (versi apapun), software ini digunakan untuk menggabungkan gambar dengan watermark.
3. Buka Software Photoshop , kemudian klik tab File lalu pilih New.

4. Akan muncul kotak dialog untuk mengatur ukuran dari gambar yang akan kita buat, untuk logo kami menyarankan setting ukuran yang besar sesuai kebutuhan dengan resolusi 300, jika sudah klik OK.

5. Setelah lembar kerja Photoshop terbuka, pilih Horizontal Type Tool yang ada di palette sebelah kiri untuk membuat teks.

6. Klik kiri pada lembar kerja lalu ketikkan nama yang akan dijadikan logo watermark, untuk mengatur ukuran logo gunakan Ctrl+T dan pada saat mengatur ukuran tekan shift agar bentuk tulisan tidak berubah lalu tekan enter (Untuk mengatur font terdapat di kiri atas workspace).

7. Jika ingin memberikan effect tulisan atau mengubah warna kita dapat mengubahnya dengan cara mengarahkan cursor/mouse ke layer tulisan (ada di sebelah kanan), kemudian klik kanan dan pilih blending option (gambar c) jika sudah mengediti klik Ok,

ada berbagai macam pilihan effect yang tersedia (gambar d) untuk penjelasannya sebagai berikut :

• Bevel and Emboss = Digunakan untuk memberikan efek 3D pada tulisan

• Stroke = Digunakan untuk memberikan Outline/Garis pinggir

• Inner Shadow = Digunakan untuk memberikan efek bayangan di dalam tulisan

• Inner Glow = Digunakan untuk memberikan cahaya di dalam tulisan• Satin = Digunakan untuk memberikan efek tesktur pada tulisan

• Color Overlay = Digunakan untuk mengubah warna keseluruhan tulisan

• Gradient Overlay = Digunakan untuk mengubah warna tulisan menjadi gradasi

• Pattern Overlay = Digunakan untuk memberikan efek pola pada tulisan

• Outer Glow = Digunakan untuk memberikan cahaya di luar tulisan

• Drop Shadow = Digunakan untuk memberikan efek bayangan di luar tulisan


8. Setelah logo watermark sudah berhasil dibuat , kita simpan gambar tersebut dengan menekan Ctrl+Shift+A atau ke tab file pilih save as . Kemudian di kolom Save as type pilih JPEG atau PNG (jika ingin menghasilkan gambar tanpa background arahkan cursor pada layer background lalu klik pada icon berbentuk mata disebelahnya) Disini kita bisa menentukan ingin ditaruh dimana hasil gambarnya, jika sudah klik Save.

9. Buka Software Photoshop , kemudian klik tab File lalu pilih New

10. Atur ukuran dari gambar yang akan kita buat, untuk media sosial Instagram kami menyarankan setting ukuran seperti di bawah ini , karena gambar di Instagram akan terlihat lebih baik jika memakai format persegi, jika sudah lalu klik OK.

11.    Setelah itu drag gambar jok ke photoshop dan juga logonya (drag per satu gambar ) .

12. Lalu atur gambar pada layer jok (gambar e) dengan mengetik Ctrl+T (gambar d) atur sesuai keinginan setelah itu tekan enter, kemudian pindahkan cursor ke layer ke layer logo dan ketikan Ctrl+T kembali (gambar f) untuk mengatur logo sesuai keinginan anda lalu tekan enter.

13. Setelah selesai menata letak logo dan jok , ada kemungkinan jok kurang terlihat karna warna logo dan warna gambar jok yang dibelakang logo hampir mirip, jika itu yang terjadi bisa menempatkan logo pada bagian gambar jok yang cerah (jika logo berwarna gelap), pada bagian gambar jok gelap (jika logo berwarna cerah) atau jika ingin memberi effect cerah pada logo dapat menggunakan outer glow caranya sebagai berikut :
• Klik kanan pada layer logo lalu pilih blending option


• Setelah itu pilih tab Outer Glow, kemudian atur sesuai keinginan

 

( Opacity digunakan untuk mengatur jelas atau tidaknya Glow , Size digunakan untuk menentukan ukuran Glow, Spread digunakan untuk menentukan seberapa pekat Glow)
• Kemudian Klik OK

• Dan Hasilnya akan menjadi seperti di bawah ini, logo watermark lebih terlihat

14. Setelah logo watermark sudah berhasil digabungkan dengan gambar mobil , kita simpan gambar tersebut dengan menekan Ctrl+Shift+A atau ke tab file pilih save as . Kemudian di kolom Save as type pilih JPEG. Disini kita bisa menentukan ingin ditaruh dimana hasil gambarnya, jika sudah klik Save

15. Lalu akan muncul tab Jpeg Option untuk mengatur hasil kualitas gambar , jika sudah klik ok maka gambar akan tersimpan otomatis dan siap untuk di share di sosial media.