UE Beri Peringatan Untuk Bea Otomotif AS

Uni Eropa (UE) memperingatkan bahwa ekspor Amerika Serikat (AS) yang senilai hampir 296 miliar dolar AS (sekitar Rp4,25 kuadriliun) akan mendapat langkah balasan jika Presiden Donald Trump melanjutkan ancamannya untuk menetapkan bea impor mobil.

Trump menilai Eropa sebagai masalah besar seperti Tiongkok terhadap perdagangan AS dan memberikan ancaman untuk melawan UE dengan bea 20 persen terhadap impor mobil UE.

Ancaman Trump merupakan serangan terbaru dalam perang dagang yang semakin tegang yang membuat UE menetapkan bea untuk jins buatan AS dan sepeda motor Harley Davidson sebagai respons atas bea AS terhadap impor baja dan aluminium Eropa.

Dalam sebuah surat kepada otoritas AS, Komisi Eropa, yang menangani kebijakan perdagangan di blok 28 negara tersebut, menggambarkan apa yang akan dihadapi perekonomian AS jika Trump menjalankan ancamannya.

“Analisis ekonomi mengonfirmasi bahwa kenaikan bea terhadap produk-produk ini akan melukai terutama perekonomian AS,” ungkap surat itu yang dirilis Senin (2/7) waktu setempat.

Komisi Eropa mengatakan “ekspor AS senilai hingga 294 miliar dolar AS… bisa terkena langkah balasan di seluruh sektor ekonomi AS,” yang setara dengan 19 persen total ekspor AS pada 2017.

Mereka juga menggarisbawahi bahwa perusahaan mobil Eropa merupakan kontributor penting bagi perekonomian AS dan “sangat berkembang” di sana. Demikian dilansir AFP.

copyright © antara 2018