USS Grayback Diketemukan Setelah Hilang 75 Tahun

Setelah 75 tahun sejak dinyatakan hilang dengan 80 orang pelaut di dalamnya, beberapa waktu lalu, sebuah organisasi yang mencari kapal selam sisa Perang Dunia II berhasil menemukan keberadaan USS Grayback.

Hal tersebut diumumkan oleh Tim Taylor dan tim Lost 52 Project dengan menemukan kapal hilang pada 5 Juni 1944 tersebut. Diketahui kini keberadaan kapal berada di kedalaman 1.427 kaki di bawah air di lepas pantai Okinawa, Jepang.

Keberhasilan ini tak terlepas dari penelitian yang dilakukan oleh Yutaka Iwasaki dengan menemukan adanya kesalahan Angkatan Laut dalam menerjemahkan catatan perang yang merinci posisi terakhir Grayback tenggelam. Yaitu dengan mencantumkan garis bujur yang salah untuk lokasi kapal selam itu.

Berbekal penemuan dan informasi itu, membuat Tim mencari keberadaan Grayback di daerah barat daya Okinawa. Menggunakan kendaraan otonom bawah laut yang dioperasikan dari jarak jauh, akhirnya Tim menemukan Grayback sekitar 160 km dari posisi awal tenggelam.

Hasil penemuan ini juga telah dikonfirmasi kebenarannya oleh Angkatan Laut yang diwakili oleh Robert S. Neyland, selaku Kepala Sejarah Angkatan Laut dan Cabang Underwater Archaeology Command Heritage, dalam rilis berita.

Source : CNN