Posted on by @rief

Vaksin Covid-19 Buatan Sinovac Uji Klinis di Indonesia

Seperti diketahui sejak merebaknya pandemi Covid-19, hampir semua negara di belahan dunia berlomba mencari obat penangkalnya. Bahkan beberapa negara juga sudah mengklaim telah menemukan vaksin yang tepat untuk menangkal penyebaran virus tersebut.

Salah satu vaksin yang cukup akurat menangani Covid-19 adalah vaksin buatan Sinovac, China. Diberitakan hari ini (20/7) vaksin buatan Sinovac Biotech tersebut telah tiba di Indonesia dan akan memasuki uji coba fase III atau memasuki uji coba tahap akhir.

Di Indonesia perusahaan asal China tersebut bekerja sama dengan PT Biofarma untuk melihat tingkat kemampuannya.  Selanjutnya Biofarma akan bekerja sama dengan sejumlah universitas dan juga badan penelitian yang ditunjuk untuk mempersiapkan uji klinisnya. Termasuk melakukan koordinasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Penjajakan terus dilakukan pemerintah Indonesia untuk mengembangkan vaksin yang bisa digunakan baik untuk jangka pendek ataupun jangka panjang. Pengembangan vaksin nasional diserahkan ke konsorsium nasional. Dan jika disetujui BPOM, vaksin tersebut ditargetkan bisa mulai digunakan untuk keadaan darurat mulai kuartal pertama 2021.

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store