Posted on by @rief

Vaksin Covid-19, Sudah Sampai Mana?

Sejak ditemukannya virus corona yang kini lebih populer dengan sebutan Covid-19, banyak ilmuwan yang berlomba menemukan vaksin khusus untuk mencegah infeksi dan memberantas penyakit yang mematikan ini. Namun permasalahannya adalah diperlukan waktu yang cukup lama hingga vaksin benar-benar aman dan bisa menyembuhkan Covid-19.

Mulai dari proses pengujian secara klinis, waktu pendistribusian dan sampai ke masyarakat. Sedangkan kini di berbagai negara dan di Indonesia, tim medis dan dokter tengah berlomba dengan waktu dalam menekan angka kematian yang terus bertambah setiap waktu.

Berdasar kasus serupa pada SARS dan MERS, pengembangan vaksin untuk Covid-19 bisa dipercepat. Tetapi tetap diperlukan rangkaian uji klinis, baik kepada hewan dan juga manusia untuk mengetahui efek samping yang ditimbulkan. Sebagai contoh pada kasus SARS yang mewabah antara 2002 – 2003 misalnya, diperlukan waktu sekitar 20 bulan hingga vaksin benar-benar siap diuji pada manusia.

Sehingga jika vaksin virus corona berhasil ditemukan, masih akan tetap melewati rangkaian waktu untuk proses produksi, pendistribusian dan membagikan ke mereka yang berhak menerima. Diketahui hingga kini (31/03) sudah lebih dari 200 negara yang terkena pandemi Covid-19 ini dengan jumlah penderita yang terus meningkat.

Sambil menunggu itu semua terjadi, sebagai perlindungan awal, mulailah secara serius melindungi diri, keluarga dan orang terdekat dengan menjaga jarak, daya tahan tubuh, gunakan masker jika terpaksa ke luar rumah dan selalu mencuci tangan hingga bersih.

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store