Velg Rally Never Dies

Dandanan ala rally look menjadi satu dari sekian banyak tema modifikasi mobil di Indonesia. Spesialnya model reli bertahan lintas zaman, memodifikasi mobil harian menjadi gaya ini  cukup cepat caranya, cukup colokan velg reli original ke ruang fender, seketika tampilan akan berubah dari kesan standar.

Robby salah satu member dari Rally Look Indonesia mengatakan, “pilihan velg biasanya berukuran 14-17 inci, untuk jenis bisa memilih velg reli tarmac atau gravel”. Untuk velg tarmac lebih identik dengan reli aspal, biasanya berukuran 16-17 inci dan bisa memakai ban semi slick atau harian berprofil 45/50/55.

Sedangkan velg reli gravel atau tanah lebih bervariatif ukurannya, mulai dari 14 sampai 16 inci. Lalu ban yang digunakan pun masih didominasi ban harian aspal, namun beberapa penggemar ada yang memakai ban reli sesungguhnya.

Nah di antara kedua velg itu ternyata ada perbedaan desain, untuk tarmac umumnya punya spoke yang lebih panjang, desain itu berfungsi mendinginkan rem. Kemudian di versi gravel, biasanya di desain rapat spoke-nya karena difungsikan menahan guncangan di trek reli non aspal.  Terakhir bobot velg reli gravel lebih berat daripada velg tarmac.

Sesuai kultur reli maka pewarnaan velg tak jauh dari warna putih dan gold. Namun belakangan ini beberapa produsen velg reli sudah mulai melirik warna lain seperti anthracite, silver bahkan hitam.  Sekarang tinggal sesuaikan warna mobil dengan pilihan velg kesukaan Anda.