Vettel Curi Kemenangan di GP F1 Inggris

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, sukses mencuri kemenangan pada Grand Prix Formula Satu Inggris di Sirkuit Silvernstone, Minggu, seusai melewati Valtteri Bottas di bagian akhir balapan.

Vettel menuntaskan balapan sejauh 52 putaran dengan catatan waktu 1 jam 27 menit 29,784 detik, unggul 2,2 detik dari Lewis Hamilton yang akhirnya mampu merebut posisi kedua setelah mengalami masalah pada lap pembuka.

Hamilton melewati rekan setimnya, Valtteri Bottas, yang melorot ke posisi empat sedangkan Kimi Raikkonen mengamankan posisi podium ketiga dengan selisih waktu 3,6 detik dari Vettel.

Vettel berhasil mendulang kecepatan untuk mengungguli Bottas berkat strategi penggunaan ban yang lebih lunak sehingga mampu memaksimalkan tenaga mobil pada lima lap tersisa.

Di sisi lain, Hamilton yang tampil dihadapan pendukungnya di Silverstone sempat mengalami masalah di tikungan ketiga dan mobilnya bergerak melebar.

Vettel kemudian mengambil alih balapan setelah melewati Hamilton dan unggul sekira enam detik dari Bottas. Namun Bottas tidak menyerah, secara perlahan ia mengejar Vettel yang berhenti di lap 20 karena masalah ban.

Bottas yang akhirnya memimpin, berupaya menahan laju Vettel kendati mendapatkan tekanan dari sisi kiri dalam tiga lap berturut-turut.

Namun Bottas dapat ditaklukkan pada lap ke-47, saat Vettel mengambil keuntungan pergerakan Bottas yang agak melebar dan gagal menutup ruang di sisi bagian dalam.

Vettel pun memimpin sampai akhir balapan, disusul Hamilton di posisi dua seusai menyalip Bottas.

copyright © antara 2018