Volkswagen Bakal Produksi E-skuter Bareng Pabrikan China

Produsen mobil Jerman, Volkswagen akan menggandeng pabrikan China NIU untuk memproduksi skuter listrik (e-scooters) bertenaga baterai, menurut warta media Jerman Die Welt, dilansir Reuters, Senin (6/5).

Laporan itu menyatakan bahwa e-skuter yang dinamai Streetmate itu dapat menjelajah hingga 60 kilometer dengan tenaga baterai.

“Perusahaan-perusahaan akan bersama-sama membangun model Streetmate, yang memiliki kecepatan tertinggi 45 kilometer (28 mil) per jam dan jangkauan 60 kilometer,” kata laporan itu.

Volkswagen memang serius menggarap pasar kendaraan listrik. Selain skuter, pabrikan yang identik dengan model VW Beetle itu juga akan meluncurkan mobil listrik pesaing Tesla di pasar China.

Mereka juga mendorong para mitra usahanya, meliputi SK Innovation (SKI) dan Samsung, agar membangun pabrik baterai mobil listrik berkapasitas produksi 1 gigawatt.

Pembuat mobil Jerman itu juga sedang merenovasi 16 pabrik untuk memproduksi kendaraan listrik, sejalan dengan rencana memproduksi 33 model mobil berbeda di bawah merek Skoda, Audi, VW dan Seat pada pertengahan 2023.

copyright © antara 2019