VW e-BULLI Minibus Klasik Bertenaga Listrik

Memang dari luar VW Bus Type 1 atau T1 yang di Indonesia suka dipanggil dengan VW Dakota ini terkesan standar dan klasik. Namun coba perhatikan jeroan dari mesin, kaki – kaki dan interiornya, Volkswagen Commercial Vehicles (VWCV) menyulap minibus itu menjadi mobil ramah lingkungan karena berpenggerak motor listrik 100%.

Selain bertenaga listrik yang modern, VWCV juga memperbaharui nama VW T1 menjadi VW e-BULLI. Berkat teknologi yang diciptakan VWCV dengan perusahaan eClassic mampu mengkonversi mesin konvesional menjadi motor listrik tanpa harus mengubah dimensi kompartemen mesin asli dari VW T1.

Kini mesin lama berjenis boxer, 4-silinder, berdaya 43 hp telah menjelma menjadi motor listrik yang bersuara hening berdaya 82 hp dan torsi puncak di angka 212 Nm. Terimakasih terhadap motor listriknya yang membuat VW T1 ini dua kali lebih bertenaga dari versi konvesionalnya.   Kemudian VW e-BULLI diberikan transmisi otomatis 1 kecepatan. Walau hanya punya gigi 1 saja, minibus ini bisa berlari hingga 130 kpj berkat suplai tenaga dari baterai berdaya 45 kWh.

E-BULLI sendiri mampu berkelana sejauh 200 km dalam satu kali pengisian penuh,  jika kehabisan tenaga baterai dapat diisi ulang dalam hitungan 40 menit untuk mendapatkan tenaga sebesar 80% dari kapasitas utuhnya.

Jika Anda pengguna VW T1 bisa melakukan konversi mesin bensin menjadi motor listrik. VW menawarkan paket lengkap termasuk motor dan sistem suspensi baru seharga Rp 1,1 milyar. Menariknya tidak hanya tipe 1 yang ditawarkan, model T2 dan T3 juga tersedia. Tertarik?