Whatsapp Dark Mode Resmi Dirilis

Whatsapp akhirnya merilis versi resmi dengan fitur yang telah ditunggu yaitu dark mode. Semua pengguna baik IOS dan Android dapat mengaktifkan fitur dark mode di pengaturan aplikasi Whatsapp. Jika ingin menggunakan fitur dark mode pastikan telah memperbaharui ke aplikasi terbaru untuk iOS adalah versi 2.20.30, sementara di Android, versi teranyar adalah 2.20.69. bila tidak tersedia maka di harapkan bersabar hingga pembaruan WhatsApp muncul di appstore atau playstore masing-masing. Sebab, pembaruan mode gelap ini akan dilakukan secara bertahap.

Cara mengaktifkan Dark Mode pada WhatsApp

Pengguna iPhone mesti memastikan ponselnya sudah menggunakan iOS 13 untuk bisa mengaktifkan mode gelap di WhatsApp.

iOS:

  1. Klik Setting (pengaturan)
  2. Klik Display & Brightness (layar & kecerahan)
  3. Pilih tema Dark (gelap)
  4. Untuk mengembalikan ke tema terang pilih “Light: turn dark mode off”.

Android:

  1. Pada aplikasi WhatsApp klik titik tiga di kanan atau
  2. Klik Setting (pengaturan)
  3. lalu pilih “chat”
  4. lanjutkan dengan memilih “theme”.
  5. Kemudian pilih “dark: turn dark mode on” untuk mengaktifkan mode gelap.
  6. Untuk mengembalikan ke tema terang pilih “Light: turn dark mode off”.
  7. Khusus versi Android akan ada satu opsi lagi bernama “system default”. Opsi ini memungkinkan tema gelap secara otomatis mengikuti tema pada sistem yang terpasang di perangkat.
  8. Cara mengaktifkannya, pilih “system default” lalu ubah pengaturan pada perangkat dengan menuju ke menu “setting”, lalu “display”, dan pilih “dark theme” pada ponsel Android.

Fitur dark mode dirancang untuk mengurangi ketegangan mata di lingkungan dengan cahaya rendah. Mereka harap fitur ini dapat membantu mencegah situasi yang tidak nyaman ketika telepon menerangi ruangan. Lanjut diungkapkan ketika merancang mode gelap, tim WhatsApp melakukan penelitian dan eksperimen dengan berfokus pada dua aspek. Pertama, ketika memilih warna dapat meminimalkan kelelahan mata dan mendekati default sistem pada iPhone serta Android. Kedua, agar dapat dengan mudah memusatkan perhatian, pada setiap layar dipilih warna dan elemen desain untuk memastikan informasi yang paling penting terlihat mencolok.