WHO dan FIFA Promosikan Gaya Hidup Sehat Lewat Sepak Bola

Organisasi Kesehatan Dunia, WHO bersama Badan Organisasi Sepak Bola Dunia ,FIFA melakukan kerjasama selama empat tahun kedepan mengenai promosi hidup sehat lewat turnamen sepakbola secara global.

Akad penandatangan memorandum tersebut dilakukan oleh Direktur WHO, Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Presiden FIFA, Gianni Infantino di kantor pusat WHO yang berada di Genewa.

“Alasan WHO berkerjasama dengan FIFA dimulai dari Piala Dunia 2018 silam, dimana hampir setengah penduduk dunia menonton turnamen sepakbola itu. Baik secara langsung maupun lewat televisi. Artinya ada peluang besar bagi kami untuk mempromosikan informasi hidup sehat melalui turnamen – turnamen sepak bola di dunia,” ujar Dr Tedros selaku Direktur WHO.

Sedangkan isi perjanjiannya sendiri mengandung beberapa poin hasil kolaborasi antara keduanya, seperti kegiatan advokasi atau perlindungan mengenai aktivitas promosi gaya hidup sehat melalui sepak bola, kesepakatan melarang segala bentuk promosi rokok dan penggunaannya di dalam stadium dalam setiap pertandingan sepak bola yang digelar oleh FIFA.

Kerjasama ini bertujuan untuk membangun kehidupan lebih sehat baik pemain, penonton dan lingkungan. Tak hanya itu, tujuan akhirnya adalah untuk keselamatan bersama dalam jangka waktu panjang.

Pihak – pihak yang terlibat di lingkungan sepak bola ini seperti duta WHO, pemain, pelatih dan relawan diharapkan secara aktif menyebarkan program dunia dari WHO ini melalui olahraga sepak bola. WHO dan FIFA berharap kedepannya progam bersama ini mampu menciptakan dampak positif terhadap kehidupan manusia di seluruh dunia.