Williams Ubah Dump Truck Menjadi Fuel Cell

Mogalakwena North – Central Pit

Kolaborasi perusahaan tambang Anglo American bersama Williams Advanced Engineering untuk mengurasi polusi udara dan pemborosan penggunaan BBM Solar di lokasi tambang perlu diancungi jempol. Mereka tak lama lagi akan menciptakan kreasi perdana aplikasi bahan bakar hydrogen pada dump truck.

Sebagai informasi, konsumsi sebuah dump truck raksasa di lokasi tambang dalam satu jam dapat meminum solar sebanyak 114 liter. Untuk ukuran truk bermesin diesel konsumsi BBM-nya sangatlah rakus dan pastinya menguras anggaran belanja sebuah perusahaan pertambangan juga.

Berkaca dengan masalah di atas, William sedang mengembangkan teknologi Fuel Cell Electric Vehicle (FCEV) pada dump truck Komatsu maupun CAT yang dimiliki Anglo. Jika inovasi ini berhasil diterapkan, maka sistem FCEV akan berfungsi untuk pertama kalinya di truck tambang di dunia.

Dump truck itu akan digerakkan dengan hydrogen Fuel Cell Module yang dipasangkan dengan baterai litium-ion tegangan tinggi. Kelak teknologi ini akan menggantikan mesin diesel yang digunakan. Hebatnya FCEV ini sendiri mampu menghantarkan tenaga sebesar 1.000 kWH dari baterainya.

Anglo American akan menjadikan lokasi tambang platinum metal di Afrika Selatan sebagai pilot project perdana ini dan segera menyusul lokasi lain yang dimiliki oleh perusahaan.