Posted on by AB

Wire Tuck, Seni Keindahan Ruang Mesin

Sektor mesin tak hanya dapat di upgrade performanya, Anda pun bisa mempercantik area ruang mesin dengan merapikan tampilannya.

Inspirasi gaya modif tersebut datang dari negara Paman Sam, yang mana ketika car meet up banyak mobil yang membuka kap mesinnya dan memamerkan ruang mesin mereka yang bersih dan punya layout minimalis.

Wire tuck adalah aliran mempercantik ruang mesin, secara mudah gaya ini mengharuskan modifikator untuk menyembunyikan kabel-kabel hingga membuang komponen yang tidak perlu agar tercipta ruang yang ‘clean’.

Membikin ruang mesin terlihat sederhana itu ternyata tidak mudah, Anda harus mengubah jalur perkabelan seperti kabel mesin, klakson, lampu, AC dan sebagainya dengan jalur khusus.

Sebagai pengganti lokasi biasanya memanfaatkan ruang dalam fender sampai sasis. Namun walau di modifikasi, umumnya para pelaku wire tuck juga memperhitungkan segi keamanan dari jalur kabel yang baru. Termasuk menaruh boks sekring dan soket-soket yang terjangkau pemilik mobil. Sehingga jika terjadi kerusakan bisa mudah diketahui dan diperbaiki.

Berikutnya sejalan proses pengerjaan wire tuck, Anda bisa mengecat fire wall, menutup lubang-lubang bekas dudukan kabel hingga merapikan blok mesin sampai memberikan detail pemanis. Entah itu grafis, efek krom, dan printilan aksesoris lain yang menarik.

Layaknya karya seni, biaya membikin wire tuck bervariatif, semakin rumit dan bagus konsepnya ikut mendongkrak harga. Di Indonesia setidaknya beberapa modifikator wire tuck mematok harga mulai dari Rp 3 juta ke atas.

Tertarik? Coba kepoin karya-karya pengrajin wire tuck seperti @isvando (bengkelku), @apspeedjkt dan bengkel mesin ternama lainnya.

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store