Wisata Super Prioritas Indonesia

Setelah sempat dihantam badai Covid-19, kini sektor pariwisata kembali digeber pemerintah pusat. Hal ini menindak lanjuti rencana awal dengan mencanangkan sejumlah destinasi wisata baru Indonesia. Seperti diketahui pemerintah bersama Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) fokus mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif di lima destinasi super prioritas Indonesia.

Kelimanya adalah Danau Toba (Sumut), Borobudur (Jateng), Likupang (Sulut), Mandalika (NTB) dan Labuan Bajo (NTT). Pemerintah juga telah menyiapkan anggaran hingga belasan miliar yang nantinya akan digunakan untuk mempercantik kelima daerah wisata tersebut. Dan berikut keunikan dan daya tarik kelimanya.

Danau Toba

Diketahui Danau Toba menjadi tumpuan untuk menggaet banyak turis lokal dan mancanegara melalui potensi keindahan alamnya. Danau yang sering dikaitkan dengan dongeng cerita rakyat ini setidaknya memiliki 33 titik kunjungan yang tengah disiapkan di sekitar kawasan. Pengunjung yang singgah akan merasakan sebuah wahana berbasis self experience ketika menikmati danau terbesar di Indonesia tersebut.

Candi Borobudur

Menjadi bagian dari pengembangan destinasi super prioritas dan sudah banyak dikenal baik oleh wisatawan lokal dan luar negeri, nyatanya candi terbesar di Indonesia juga memiliki pekerjaan rumah yang komplek untuk diselesaikan. Lantaran status hak pengelolaan lahan dan kasus birokrasi yang panjang. Pemerintah menerapkan cara Storytelling untuk menggarap Candi Borobudur agar lebih dikenal oleh wisatawan dengan delapan narasi yang dituliskan pada Legenda Borobudur.

Likupang 

Akan menjadi alternatif destinasi wisata di Sulawesi Utara selain Taman Laut Bunaken yang sudah lebih dulu popular. Dengan luasan lebih dari 200 hektar, Likupang menawarkan keindahan khas pesisir dengan pantai berpasir putih. Likupang menawarkan dua lokasi tujuan wisata, Pantai Paal dan Pantai Pulisan.

Mandalika

Sudah banyak pemberitaan positif ketika pemerintah menetapkan kawasan Mandalika sebagai destinasi wisata. Salah satunya adalah pembangunan sirkuit MotoGP yang rencananya akan selesai pada 2021 ini, termasuk digunakan dalam kejuaraan balap motor dunia tersebut. Kini baik pembangunan infrastruktur dan sarana pendukung lainnya sudah memasuki tahap penyelesaian.

Labuan Bajo

Memiliki Pulau Komodo yang menjadi habitat kadal purba dan satu-satunya yang ada di dunia akan menjadi daya tarik utama turis untuk mendatangi Labuan Bajo selain keindahan alamnya. Dan sama seperti kawasan wisata lainnya, daerah ini juga memiliki pekerjaan rumah masalah lingkungan dengan banyak populasi Komodo yang terus berkurang dan sampah yang menggunung. Salah satu cara yang telah dilakukan pemerintah adalah dengan menggaet selebritis dan youtuber ternama untuk mempromosikannya.

Photos : Internet

Leave a Comment