X – Design Seat Honda ADV 150

Red Simin bukanlah nama orang, tetapi nama panggilan dari motor Honda ADV-150 milik seorang blogger sepeda motor, Iwan Banaran. Motor matik bergaya adventure ini digunakan oleh cak Iwan atau akrab disapa IWB sebagai motor hariannya.

Kuda besi yang dijadikan wahana wira – wiri IWB ini ternyata sudah tidak standar 100% seperti keluaran pabrik. Oleh IWB, Red Simin mendapatkan perlakukan istimewa berupa penggantian desain jok. Dalam modifikasi jok bawaan ADV 150 ini, IWB menggandeng seatmaker Apip dari Black Sweet Kemayoran, Jakarta Pusat. IWB berpesan kepada Apip untuk dibuatkan jok berdesain baru mengacu kepada jok milik Honda X ADV 750.

Aksara X dijadikan detail utama di modifikasi jok ini. Namun sebelumnya, Apip telah memodifikasi figur busa bagian belakang dari jok tersebut. Hal ini sengaja dilakukan demi menghasilkan sebuah bentuk X yang sempurna.

Lantas pola desain huruf X itu dibuat dari bahan MBtech Giorgio warna Scarlet (MB 6027) yang diletakkan di atas permukaan MBtech Riders berwarna Black (MBRC 2301). Agar makin kuat detailnya, seatmaker Apip masih menambahkan sandaran bokong berlapis MBtech Giorgio warna Black (MB 6001)) di antara kaki – kaki huruf X-nya.

Untuk pelapis bagian depan jok digunakan kombinasi warna hitam dari varian MBtech Giorgio dan MBtech Riders.  Menariknya karena dipanggil Red Simin, Apip tercetus untuk memberikan detail  garis – garis terbuat dari benang berkelir merah.

“Atiku seneng cak, hasile apik  koyo jok X ADV, pokoke joss gandoss…,” senyum IWB.