Posted on by AB

Adu Cepat Mobil Naik Bukit Pasir

Beda negara beda gaya balap trek lurus. Jika Amerika terkenal sebagai pencetus drag race di aspal, Dubai dikenal dengan drag race mendaki bukit pasir di dunia. Tak hanya balapnya, permainan mendaki bukit ini juga menjadi objek wisata khas Dubai.

Gelaran adu cepat mobil mencapai puncak bukit Tel Moreeb di Liwa Oasi, Al-Gharbia ini punya karakter trek menanjak dengan kemiringan 50 derajat dan ketinggian puncaknya sekitar 30 meter.

Menariknya balap ini dijadikan event tahunan oleh Liwa Sport Club (LSC) dengan nama Moreeb Dune Car Race. Para peserta yang berani berlomba di event ini pastinya harus punya skill lebih dan mobil performa tinggi. Karena tidak semudah yang dikira untuk menaklukkan bukit Tel Moreeb memakai SUV atau Buggy Car.

Umumnya warga lokal memilih SUV bermesin V8 dengan kapasitas silinder (cc) besar dalam perlombaan ini. Hal ini juga mengacu kepada regulasi dari LSC yang membuka kelas mesin 8-silinder open dan 6-silinder open.

Mobil-mobil itu dibebaskan modifikasinya asal tetap memakai mesin original, mau dipasangkan turbo, supercharger sampai nitrous sekalipun diperbolehkan. Wajar kalau melihat performanya dapat menembus tenaga ratusan hingga ribuan tenaga kuda.

Layaknya mobil balap pada umumnya, mobil drag pasir ini juga dilengkapi roll cage minimal 6 titik, engine cut-off, ban mud terrain maksimal di ukuran 35 inci atau ban khusus pasir sampai lain sebagainya sesuai regulasi dari LSC.

Bagaimana tertarik melihat adu cepat mendaki bukit pasir memakai mobil? Datang saja di event tahunan Liwa International Festival di akhir Desember 2021 hingga tahun baru 2022 mendatang. 

Photo credit: Moreeb Dune


Share This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store