Posted on by AB

Begini Cara Penanganan Jok Pasca Terendam Banjir

Bencana banjir yang terjadi baru – baru ini di beberapa wilayah di Indonesia meninggalkan kerugian materi yang tidak sedikit jumlahnya. Apalagi bagi warga yang mengalaminya seperti salah satu sahabat MBtech, Pak Is yang menjadi korban banjir di daerah Tangerang Selatan.

Pak Is mengaku mobilnya terendam banjir setinggi pinggangnya. Jelas komponen interior sedan Toyota miliknya seperti jok, doortrim dan karpet menjadi kotor dan berpotensi berbau jika tidak segera ditangani.

Maka dari itu Pak Is  langsung menghubungi Seki selaku seatmaker Vinnci Car Leather Seat di Jl. MH Thamrin, Cikokol, Tangerang  untuk datang kerumahnya mengambil interior mobilnya dan minta dibersihkan serta dirapikan ulang.

“Paket interior yang kami ambil dari garasi Pak Is ini sudah terendam air banjir selama 2 hari, baru dihari ketiga kami melakukan evakuasi di lokasi. Kondisinya tidak terlalu parah, namun ada satu lagi mobil BMW beliau yang cukup parah karena terkena banjir air bercampur lumpur. Nanti akan kami kerjakan juga setelah sedan Toyota-nya,” pungkas Seki Vinnci.

Langkah pembersihan dari interior mobil Pak Is adalah dengan membongkar total semua pelapis jok dan doortrimnya. Setelah proses pembongkaran selesai dilanjutkan dengan prosesi pembersihan komponen jok. Seperti rangka, cover – cover plastik yang ada pada jok dan mencuci busa agar kembali bersih dan tidak berbau di kemudian hari.

Feri dari Ferrari Jok, Cibubur, Jakarta Timur juga sependapat dengan cara pembersihan yang dilakukan oleh Seki Vinnci, hanya ia menyarankan setelah itu alangkah baiknya busa direndam cairan pewangi agar aroma bau tidak menyenangkan muncul di musim panas. “Kan sayang om kalau udah diretrim ulang menggunakan MBtech harus dibongkar lagi agar baunya hilang,” lanjutnya.

Perhatikan, peranan busa jok dan glasswool  peredam lantai ternyata cukup penting, khususnya dalam menyimpan air. Jadi Anda perlu menjemurnya hingga kering setelah dicuci menggunakan cairan pembersih.

“Biasanya kalau ada sinar matahari seharian tanpa di jeda hujan, busa akan kering dalam 5 – 7 hari, o iya jangan dikeringkan menggunakan pemanas seperti heat gun karena akan mengubah bentuk dari busa itu sendiri,”  tambah Seki Vinnci.

Setelah itu baru dilanjutkan dengan proses perakitan ulang komponen jok dan melapis kembali busa jok dengan bahan pelapisnya. “Untuk di kasus Pak Is, beliau ingin dilapis menggunakan bahan MBtech Premium - Carrera warna Champignon (MBPC 1007) setelah semua busanya kering,” lanjutnya.

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store