Posted on by @rief

Daxing, Mega Bandara Baru China Resmi Beroperasi

Mega bandara baru China senilai $11 miliar baru saja dibuka beberapa hari lalu jelang perayaan ulang tahun ke-70 negara tersebut. Bertempat di ibu kota Beijing, Bandara Internasional Daxing diresmikan oleh Presiden Xi Jinping. Memiliki luas mencapai 700.000 meter persegi, atau sama dengan 98 kali lapangan bola, seperti dikatakan oleh outlet media pemerintah China.

Pembangunan ini menjawab fakta bahwa bandara di Beijing adalah bandara tersibuk kedua di bawah Atlanta berdasarkan data Dewan Bandara. Sementara salah satu faktor lainnya adalah untuk menghilangkan tekanan dari Bandara Internasional kota Beijing yang memang sudah sangat sesak.

Hadirnya Bandara Daxing kini menjadikannya sebagai terminal terbesar di dunia yang berada dalam naungan satu bangunan. Diperkirakan akan menerima penumpang dalam jumlah sangat besar diperkirakan hingga 170 juta penumpang jelang tahun 2025 nanti. Sebanyak tujuh maskapai domestik diharapkan mulai beroperasi di bandara baru ini pada hari Rabu menurut Global Times.

Operator maskapai penerbangan China Southern dan China Eastern akan mengawali penerbangan pertama dari Daxing pada pukul 15:45 waktu setempat, dilansir dari China News Service. Sedangkan maskapai penerbangan internasional termasuk British Airways, Cathay Pacific dan Finnair telah mengumumkan rute ke Daxing.

Bandara baru ini terletak sekitar 46 km selatan lapangan Tiananmen dan dirancang oleh arsitek terkenal Zaha Hadid. Beroperasinya Daxing, menjadikan Beijing sejajar dengan New York dan London yang memiliki dua bandara internasional jarak jauh. Tercatat lebih dari 100 juta penumpang telah menggunakan layanan Beijing Capital yang dibuka pada tahun 1958.

Source : BBC

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store