Posted on by @rief

Developer Game Indonesia Siap Bersaing

Mungkin Anda sudah sering mendengar anekdot orang tua untuk menyuruh anaknya belajar yang rajin dan jangan main game terus. Nyatanya seiring perkembangan teknologi dan pergeseran budaya, industri game baik game online maupun offline menjadi ladang bisnis atau pekerjaan yang menjanjikan. Tidak hanya di luar negeri, iklim usaha di bidang pembuatan game sudah merambah ke dalam negeri.

Kerennya mereka yang terlibat di dalamnya adalah developer game atau para game designer Indonesia yang tidak kalah hebat. Bahkan hasilnya bisa disandingkan dengan developer game yang telah mendunia. Nah siapa saja mereka, berikut adalah pengembang jenis permainan online yang karyanya sudah banyak dimainkan oleh para gamers.

Own Games

Anda pasti familiar dengan nyanyian ‘..tahu bulat digoreng dadakan, satu lima ratus dua seribu..’ Ya itu adalah penjaja goreng tahu bulat. Uniknya hal ringan seperti ini diangkat menjadi tema sebuah game oleh developer asal Bandung, Own Games. Bertipe bisnis/tycoon casual, game ini berhasil menembus top chart Google Play dan mengalahkan game sekelas Clash of Clans besutan Supercell. Game lain yang dikembangkan Own Games adalah Own Pet Dragon, Eyes on Dragon, Own Super Squad dan lainnya.

Digital Happines

Perusahaan satu ini sukses mengembangkan game horror DreadOut yang berhasil menarik gamer lokal sampai internasional saking serunya. Termasuk PewDiePie yang secara khusus membuat konten reaction game ini di channel Youtube-nya. Didirikan oleh tahun 2013 lalu oleh Rachmad Imron, developer game ini kemudian membuat game lain seperti DreadEye, The Hallway Raid dan lainnya.

Agate Studio

Berasal dari Bandung, Agate Studio fokus mengembangkan flash game sejak 2010. Selang setahun Agathe Studio meluncurkan game Football Saga, Smash Mania yang diklaim menjadi game dengan teknologi augmented reality pertama di dunia. Agathe juga bekerja sama dengan sejumlah BUMN tanah air, judul game lain yang mereka kembangkan adalah Valthirian Arc, Teka Teki Santai serta game lainnya.   

StoryTale Studios

Eksis sejak tahun 2016 silam, nama StoryTales Studios fokus pada pembuatan game, aplikasi cross-platform dan animasi. Namanya semakin dikenal sejak merilis game horor berjudul Pamali. Menceritakan budaya Indonesia yang kental dengan alur cerita menarik dan atmosfir game yang tepat membuat game buatan StoryTales ini banyak dimainkan, termasuk Youtuber gaming dari luar negeri.

Tentu dengan semakin banyak developer game yang berkarya akan semakin meningkatkan skill game designer dan membuka lapangan usaha baru di Indonesia. 


Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store