Posted on by Dhika

KRI DR Soeharso Suplai Oksigen ke Jawa Tengah

Melalui postingan akun Instagram Gubernur Jawa Tengah (@ganjar_pranowo), Mister MB melihat informasi terkait Kapal Republik Indonesia (KRI) DR Soeharso yang bersandar di Pelabuhan Tanjung Emas, Semarang, guna membantu memasok oksigen bagi rumah sakit di wilayah Semarang.

Dalam video yang diunggahnya, menjelaskan kalau kapal yang difungsikan sebagai rumah sakit laut tersebut memiliki oksigen generator yang mampu produksi 150 ribu liter oksigen cair perhari.

Ganjar Pranowo pun mengungkapkan rasa syukurnya melalui caption yang bertuliskan, “Terimakasih TNI AL. Keberadaan KRI Soeharso ini jadi suplai energi besar bagi Jawa Tengah. Semoga usaha kita ini mempercepat kita untuk segera keluar dari pandemi ini. Bismillah....”

Sedikit mengenal KRI Dr. Soeharso, kapal ini memiliki bobot 11.394 ton kosong dan 16.000 ton berisi penuh, dengan panjang 122 meter, lebar 22 m, dan draft 6,7 m.

KRI dr. Soeharso juga dilengkapi sebuah hanggar untuk menampung helikopter satu lagi dan juga melakukan perawatan terhadap helikopter. Sebagai kapal rumah sakit, telah disediakan 1 ruang UGD,1 ruang ICU,1 ruang post operasi (RR), 3 ruang bedah (2 steril, 1 non steril), 6 ruang poliklinik, 14 ruang Penunjang Klinik dan 2 ruang perawatan dengan kapasitas masing-masing 20 tempat tidur.

Kapal ini memiliki 75 anak buah kapal (ABK), 65 staf medis dan mampu menampung 40 pasien rawat inap. Jika dalam keadaan darurat, KRI DR Soeharso juga dapat menampung 400 pasukan dan 3000 penumpang.

Dengan adanya KRI DR Soeharso ini, semoga dapat membantu daerah-daerah di Indonesia yang membutuhkan ketersediaan oksigen. Aamiin…


Share This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store