Posted on by @rief

Era Canggih Internet of Things

Memasuki era revolusi industri 4.0, kian hari perkembangan teknologi berlangsung semakin cepat. Meski bukan hal baru, tapi tanpa disadari dalam menjalankan aktivitas harian sekarang kita banyak bergantung pada teknologi. Seluruh kemajuan teknologi ini berpusat pada istilah yang kita sebut ‘Internet of Things’ (IoT). Nah apa sih IoT itu dan apa fungsinya?

Sesuai dengan namanya IoT adalah konsep mengembangkan penggunaan jaringan internet ke perangkat fisik yang bisa kita temui sehari-hari tanpa adanya interaksi dari manusia ke manusia atau manusia ke komputer. Aplikasinya pun beragam bisa berupa Wi-Fi, Bluetooth, infrared, NFC maupun RFID. Yup ide awal yang dulu hanya bisa kita temukan pada film-film fiksi seperti Star Trek dan Star Wars atau lainnya, kini sudah hadir di hadapan kita.

Contoh sederhana IoT yang bisa ditemukan dalam keseharian adalah fungsi ganda smartphone yang juga bisa digunakan sebagai remote AC atau televisi. Aplikasi lain dari IoT yang sekarang sering kita dengan adalah konsep rumah pintar atau smart home, untuk konsep yang banyak menyertakan banyak piranti ini faktor kepraktisan serta kenyamanan menjadi alasannya.

Dengan Iot kini pemilik rumah pintar bisa ‘mengontrol’ rumah melalui smartphone atau ketika sedang tidak berada di rumah. Mulai dari fungsi untuk membuka dan mengunci pintu, robot menyapu atau mengepel lantai, menyalakan lampu sampai menghidupkan air. Atau melihat keadaan rumah melalui CCTV yang telah terpasang untuk alasan keamanan dan masih banyak fungsi lainnya. Canggih kan.

Sedangkan untuk lingkup industri, IoT memiliki jangkauan lebih luas dan tak terbatas. Untuk bidang otomotif atau transportasi yakni dengan kemampuan otonom sehingga pengemudi tidak perlu menyetir ketika bepergian. Ada juga drone atau pesawat nirawak untuk melakukan lepas landas melakukan perjalanan ke tempat yang dituju. Juga bidang lainnya seperti pertanian, kesehatan, energi, lingkungan dan masih banyak lagi.

Sudah siapkah Anda ?


Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store