Heboh Desain Ibu Kota Negara

Pemerintah merencanakan peletakkan batu pertama atau groundbreaking pembangunan ibu kota negara baru di Penajem Paser Utara, Kalimantan Timur dimulai pada tahun 2021 ini. Pembangunan ditargetkan rampung dalam tiga tahun dengan memprioritaskan infrastruktur inti. Pemerintah juga mengharapkan peringatan kemerdekaan Indonesia yang jatuh pada 17 Agustus 2024 sudah bisa diadakan di ibu kota negara baru itu.

Saat ini ada dua desain ibu kota baru yang beredar. Yakni konsep desain Nagara Rimba Nusa hasil rancangan dari tim arsitek Urban+ yang berhasil memenangkan sayembara yang diadakan oleh Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada akhir 2019 lalu.

Dalam desainnya terdapat gedung kepresidenan bernama Astana Indonesia Raya dengan atap menjulang yang diadopsi dari bentuk rumah adat, serta lambang burung garuda di tengahnya. Selain itu ada pula Plaza Bhinneka Tunggal Ika berdasarkan keberagaman budaya di setiap provinsi yang menjadi ruang sosial warga. Terdapat pula area terbuka berupa danau yang dinamakan Danau Pancasila.

Desain lain yang juga diumumkan baru-baru ini adalah karya Nyoman Nuarta terpilih sebagai pemenang sayembara istana di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) Ibu Kota Negara pada 2020 lalu. Dalam desainnya, Nyoman membuat bangunan istana berbentuk burung Garuda terinspirasi dari lambang negara yang akan dibangun di area seluas 4 hektar dengan 9 lantai.

Sayap garuda akan membentang sepanjang 200 meter dan tinggi 76 meter mewakili pelaksanaan pembangunan di usia ke-76 Indonesia merdeka. Sementara tanggal kemerdekaan Indonesia 17-8-1945 diwakili dari jumlah helai sayap sebanyak 17, ekor 8 helai, pangkal ekor 19 dan bagian leher 45 helai. Akan terdapat pula Plaza Nusantara seluas 10 hektar yang digunakan untuk area rekreasi outdoor, jogging track, jalur pejalan kaki dan lain-lain.

Terlepas dari dua desain yang ada, diharapkan yang terpilih nantinya dapat menjadi kebanggaan bangsa Indonesia dan mencerminkan kemajuan bangsa. Untuk itu pemerintah masih terus melakukan pengkayaan pradesain dengan meminta ide maupun masukan dari para arsitek dan tim ahli.

Photos : Internet & Kemen-PUPR

Leave a Comment