Posted on by AB

Karir Pebasket Terancam Gegara Robot Ini

CUE adalah robot pemain basket Artificial intelligence (AI) alias kecerdasan buatan yang awalnya dikembangkan oleh pegawai Toyota di waktu senggang, kini semakin serius wujudnya.

Tim yang mengembangkan CUE berhasil membuat generasi terakhirnya, CUE4 di akhir 2020 kemarin. Jika melihat proses pembuatan CUE, sepertinya dapat mengancam karir pebasket NBA.

Bayangkan robot cerdas asal Jepang itu mampu menembak bola basket dari batas garis three point shot ke dalam ring basket secara tepat. Dalam sebuah demo yang dilakukan di Jepang, CUE mampu memasukkan bola sebanyak 100 kali eksekusi tembakan tanpa meleset satupun.

Makin seru CUE juga bisa menembak bola ke ring basket dalam 5 titik posisi di sepanjang garis batas tembakan tiga poin sesuai regulasi permainan basket.  Nah kalau ikutan kontes 3-Point Shoot dijamin pasti menang nih.

Tidak sekedar prestasi itu saja, CUE generasi ketiga bahkan berhasil mengeksekusi tembakan bebas sebanyak 2.020 kali dari area lemparan bebas. Dalam percobaan selama 6 jam itu membuat CUE meraih gelar rekor dunia robot yang dapat memasukkan bola ke ring basket sebanyak 1000 kali dari Guinness World Of Record.

Sayangnya CUE baru jago nembak bola basket ke ring, ia belum bisa melakukan slam dunk maupun berlari senormalnya pebasket NBA. Ingat apa sih yang enggak mungkin dilakukan di jaman sekarang..

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store