Posted on by @rief

Kota Terapung Oceanix Busan

Kota terapung Oceanix Busan

Developer Oceanix baru saja memamerkan prototipe kota terapung berkelanjutan yang dikembangkan bersama dengan PBB di kota Busan, Korea Selatan. Proyek infrastruktur tahan banjir dengan nama Oceanix Busan ini menawarkan beberapa opsi ramah lingkungan. Seperti sistem loop tertutup tanpa limbah dan sistem yang secara otomatis dapat menghasilkan makanan, air tawar maupun menciptakan energi sendiri.

Nantinya kota akan terbagi dalam beberapa platform. Seperti area Lodging Platform, di sini pelancong atau penghuni bisa menikmati pemandangan dengan nuansa pelabuhan yang indah, fasilitas rumah kaca atau sambil bersantai di area komunal teras. Bisa juga berbelanja di area komersial yang berada di sepanjang permukaan kota terapung dengan pemandangan tepi laut menakjubkan.

 

Kota terapung Oceanix Busan

Kota terapung Oceanix Busan

Lalu ada Research Platform yang menjadi pusat penelitian dan kerja sama kelautan. Serunya suhu di dalam kota pun diatur dengan baik. Mengingat Busan memiliki hari-hari musim dingin yang lebih dingin dari kota lainnya. Termasuk menyediakan makanan yang ditanam pada kebun di menara hidroponik yang disediakan.

 

Kota terapung Oceanix Busan

Selanjutnya ada Living Platform yang membuat kehidupan saling terkait. Mengingat gagasan utama dari Oceanix adalah konsep berkelanjutan, mudah beradaptasi dan terukur. Yakni membentuk komunitas yang peduli dengan kehidupan di planet ini.

 

Kota terapung Oceanix Busan

Hal tersebut tertuang dalam perjanjian Oceanix bersama UN-Habitat dan kota Busan, sebagai solusi dari permukaan laut yang kian tinggi dan mengancam kota-kota pesisir. Proyek Oceanix Busan akan berdiri di atas lahan seluas 6 hektar.


Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store