Posted on by @rief

Mercedes-Benz 300SL Coupe BJ Habibie Incaran Kolektor

Seperti pada umumnya mobil koleksi yang telah berusia puluhan tahun, akan banyak cerita dan sejarah yang mengiringi perjalanannya. Seperti halnya mobil langka Mercedes-Benz 300SL Coupe milik mendiang presiden ketiga Indonesia BJ Habibie. Saat diperkenalkan pun sebenarnya mobil yang menjadi incaran kolektor mobil dunia ini sudah tampil beda dengan bukaan pintu ke atas menyerupai sayap burung camar.

Aplikasi model pintu tersebut yang membuat mobil produksi tahun 1954 – 1957 ini mendapat sebutan Mercy Gullwing. Sementara cerita menarik dibalik penemuan Mercy Gullwing milik BJ Habibie adalah saat ditemukan unitnya tersangkut di atas pohon hutan Jambi. Karena desainnya yang terbilang ‘aneh’ saat ditemukan, membuat mobil tersebut sempat dikira UFO.

Konon mobil tersebut sengaja disembunyikan oleh sebuah keluarga kerajaan di Jambi setelah pasca kemerdekaan Indonesia. Sampai akhirnya mobil tersebut ditemukan oleh mahasiswa ITB yang melakukan KKN dan memboyongnya ke Bandung. Berita mengenai penemuan ini sampai ke telinga Habibie yang memutuskan untuk merestorasinya.

Cerita dibalik proses restorasinya pun sangat menarik. Banyak bagian dari mobil tersebut yang hilang dan rusak sehingga perlu didatangkan langsung dari Jerman. Beberapa komponen juga dikabarkan sudah tidak diproduksi lagi. Termasuk permintaan khusus dari BJ Habibie yang ingin menggabungkan teknologi Mercy Gullwing dengan teknologi Mercy saat restorasi dilakukan sekitar tahun 80-an. Sehingga perlu banyak pengerjaan custom khusus.

Ketika kali diperkenalkan mobil ini dibekali mesin 3.000cc enam silinder. Tenaga sebesar 217 hp yang dihasilkan sanggup melarikan bodi mungilnya dari 0 – 100 dalam 9,3 detik. Kecepatan tertinggi mencapai 257 km/jam. Harganya pun tak bisa dibilang murah, dalam sebuah lelang di tahun 2015 mobil ini pernah laku terjual dengan harga sekitar Rp 30 miliar.

Selain cerita menarik, ada poin dibalik proses restorasi tersebut. Yakni menjadi bukti kecintaan dan ketertarikan BJ Habibie terhadap dunia teknologi dan otomotif sejak muda hingga akhir hayatnya. Salut.

 


Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store