Mesin Arloji Paling Akurat di Dunia

Brand Grand Seiko tidak asing di dunia horologi yang inovatif.  Produsen arloji asal Jepang itu terkenal dengan produk berkualitas, baik secara desain maupun jeroan mesin yang digunakan.

Inovasi paling terbaru yang hadir adalah Grand Seiko T0 (T-zero). Sebuah mesin arloji berbentuk konsep itu adalah proyek perdana sekaligus pelopor di dunia untuk pertama kalinya. Desain dari ‘To’ akan menjadi penanda baru bagi Seiko dalam memproduksi arloji berikutnya.

Desain mesin Grand Seiko T0 masuk dalam golongan tourbillion. Jenis mesin tersebut dipandang sebagai mesin alroji high class, rumit dan mempunyai estetika tinggi.

Inovasi mesin To yang mengkombinasi gerakan mekanik dengan tourbillion dalam satu sumbu (axis) adalah pertama kali di dunia. Alhasil akurasi mesin dalam menunjukkan waktu sangat tepat dan juga efisien mengkonsumsi daya. Seiko mengatakan deviasi maksimumnya hanya dibawah setengah detik atau +0.5/-0.5 detik per hari.

Hasil pengembangan bertahun – tahun di fasilitas perakitan Grand Seiko di Shizukuishi, Jepang memang masih bersifat konsep. Walau demikian mesin canggih tersebut sudah menggemparkan jagad perarlojian di dunia. Kapan ya dipasarkan secara massal?