Mobil Khusus “Gendong” Motor

Hobi motoran memakai motorcross special engine atau motor road race di sirkuit masih menjadi alternatif pehobi motor kencang mengisi waktu luang. Namun dengan melihat spesifikasi motor yang telah di modifikasi tentunya sayang jika dipakai jalan menuju trek khusus atau sirkuit balap.

Solusinya bikers dapat mengangkut motor balapnya dengan kendaraan khusus seperti minibus atau blind van. Alasan memilih mobil berkabin tertutup ini adalah lebih mengurangi resiko serta melindungi barang bawaan, baik tools box, racing suit, helm maupun tangki bensin cadangan sampai motor itu sendiri.

Namun untuk merancang van khusus angkutan motor itu butuh ubahan teknis di sektor interiornya. Modifikasi yang dilakukan difokuskan pada baris tengah hingga ke belakang. Anda perlu mengukur dimensi kabin dengan panjang dan tinggi dari motor.

O iya, jenis motor juga memengaruhi kapasitas angkut dari van itu sendiri. Umumnya dapat membawa 1-2 motor, tetapi bisa juga hanya 1 unit kalau Anda merancang dinding kabin dengan mengisi lemari sebagai tempat penyimpanan.

Agar praktis menaikkan dan menurunkan motor, Anda bisa membuatkan ramp atau lantai portabel dengan rel khusus roda depan motor yang bisa bergerak secara manual maupun otomatis memakai mesin penarik seperti winch di mobil off-road.

Jangan lupa, pastikan pada dek mobil ada kaitan permanen untuk mengikat motor memakai tali ratchet tie down.  Nah supaya tampilan eksterior semakin jelas identitasnya sebagai mobil gendong, Anda bisa tambahkan decal stiker yang menarik, bisa sesuaikan nama tim balap atau lain sebagainya.

Leave a Comment