NASA Luncurkan Robot Penjelajah ke Mars

Dalam hitungan waktu, kita dapat menyaksikan peluncuran NASA Preseverance rover yang akan dilaksanakan pada pukul 18:00 Pacific Time (30/7). NASA akan menyiarkan secara langsung acara ini dari Stasiun Angkatan Udara Cape Canaveral di Florida.

Pada 22 Juli NASA telah mengumumkan misi tersebut dengan menyampaikan kesiapan terhadap pesawat ruang angkasa, roket, prosedur dan kesiapan para personal. Walau demikian NASA tetap bergantung pada faktor cuaca dan hal teknis lain. Misi ini sempat mengalami penundaan karena masalah teknis dari jadwal seharusnya pada awal bulan ini.

Sembilan tahun lalu, NASA sudah pernah mendaratkan rover Curiosity sebagai robot paling canggih ke Mars. Curiosity mendarat di Kawah Jezero yang memiliki sejarah keberadaan air dan mencari kemungkinan adanya tanda-tanda kehidupan mikroba purba di sana.

Sebelumnya di bulan yang sama, Uni Emirat Arab berhasil mengirim probe Hope pada 19 Juli. Disusul China yang meluncurkan pengorbit dan penjelajahnya pada 22 Juli. Ketiga misi yang dilakukan ini dijadwalkan mencapai Mars pada Februari 2021.

Source : Cnet