Posted on by AB

NAWA Racer, Motor Listrik Bergaya Retro

Salah satu produsen baterai kelas dunia asal Prancis, NAWA Industries mencoba keluar dari kebiasaannya dengan memperkenalkan motor konsep bernama ‘Racer’ di dalam pameran teknologi Consumer Electronics Show (CES) 2020 di Las Vegas, Amerika Serikat.

Motor yang dirancang memiliki bobot ringan berkat aplikasi rangka berbahan fiber karbon ini menggunakan motor penggerak listrik berdaya 9kWh. Sumber tenaganya sendiri diambilkan dari baterai lithium yang dikombinasi dengan kapasitor ultra. Hadirnya kombinasi itu membuat NAWA Racer sebagai motor listrik pertama di dunia yang menggunakan teknologi hibrid pada sistem baterainya.

Motor berpenggerak hubbles pada roda belakangnya ini punya layout penyimpanan baterai yang unik. Tidak seperti motor listrik buatan Zero maupun Harley Davidson, kapasitor ultra ditempatkan layaknya mesin konvensional yaitu dibawah tangki bensin. Baterai itu diposisikan dalam satu titik lokasi bersamaan dengan motor penggeraknya.

Teknologi hybrid pada NAWA Racer mampu mengisi ulang tenaga hingga 80% lebih saat pengereman. Ini terjadi berkat adanya kapasitor ultra. Fakta lain dari motor bergaya café racer yang punya bobot 150 kg adalah mampu melesat hingga kecepatan 160 kpj.

Kecepatan puncak tersebut tercipta berkat kemampuan baterai ciptaan NAWA yang punya kekuatan tenaga sebesar 98 hp. Motor ini juga dapat bergerak sejauh 289 km dengan kondisi baterai penuh.

Sayangnya, NAWA masih terlalu dini untuk memproduksi Racer. Jadi bersabarlah Anda jika ingin meminangnya.

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store