Orca Electric Watercraft by Taiga Motors

Setelah menghabiskan waktu dengan banyak melakukan percobaan mengenai mobil salju  bertenaga listrik, kini Taiga Motors; startup asal Montreal justru mengalihkan fokusnya dan membuat perahu pribadi bertenaga listrik yang sangat keren. Peluncuran perahu jet ski yang dinamakan Orca ini dilakukan di sebuah acara di Toronto dengan kemampuan baterai yang tahan untuk 2 jam pemakaian normal.

Orca memiliki kecepatan tertinggi 104 km/jam dengan keluaran tenaga 180 hp untuk dapat membuat pengalaman bermain ski jadi menyenangkan. Kehadiran baterai berkapasitas 23 kWh dapat dilakukan melalui outlet listrik standar (240V). Bisa juga dengan sumber DC yang memungkinkan dari 0 hingga 80% dalam waktu 20 menit saja.

Taiga Motors akan berusaha sebaiknya untuk dapat menciptakan baterai yang tidak hanya dapat digunakan pada kecepatan 104 km/jam perairan terbuka saja, tetapi juga memiliki kemampuan untuk menyimpan daya cukup lama, terutama ketika musim dingin.  Jet ski Orca ini dilengkapi dengan garansi 5 tahun atau sejauh 12.427 km.

Orca dilengkapi display digital yang tahan air dtempatkan diantara setang kemudi yang juga dilengkapi dengan fitur teknologi seperti peta GPS, LTE wi-fi dan radio bluetooth. Masih terdapat pula berbagai informasi seperti sensor suhu air, kamera, unit sonar hingga melakukan mobilitas modern tanpa menggunakan aplikasi smartphone untuk menemani perjalanan bersama Orca.

Taiga sendiri menargetkan nilai untuk sebuah Orca adalah $ 24.000 atau Rp 337 jutaan dan mulai diproduksi pada tahun 2020. Harga tersebut sepadan dengan bodi yang terbuat dari serat karbon untuk menjaga bobot tetap ringan. Orca memiliki bobot 263 kg dengan hampir berat separuhnya atau 124 kg merupakan bobot dari baterai yang ditanamkan.

Source: The Verge