Podium Perdana Quartararo

MotoGP™ is back! Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) diusianya yang baru 21 tahun pertama kalinya berhasil menjadi juara di MotoGP. Prestasi gemilang itu juga sebagai regenerasi pembalap Prancis yang sukses meraih podium sejak 1999 silam.

Balapan berlangsung secara dramatis di sirkuit Gran Premio Red Bull de España, Jerez – Spanyol, Fabio. Di lap – lap awal Fabio terus bertahan dari serbuan para seniornya. Ia berhasil mencuri posisi satu sampai finish lap terakhir setelah Marquez melebar saat bertarung dengan rivalnya dari Monster Energi Yamaha, Maverick Vinales.

Walaupun Marquez #93 sempat bangkit, menyusul satu – persatu kompetitornya, namun naasnya Marquez mengalami high slide di tikungan ke-4 saat tinggal 4 putaran lagi menjelang finish. Marquez mengalami kecelakaan cukup hebat yang membuatnya harus mendapatkan perawatan serius. Sehingga formasi baris terdepan sebelum dirusak oleh Marquez kembali normal, membuat Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha MotoGP) berhasil finish ke-2 yang diikuti oleh Andrea Dovizioso (Ducati Team) di posisi ketiga.

Dalam balapan yang dibilang brutal oleh laman resmi MotoGP  ini, menyisakan 15 pembalap yang berhasil menyentuh garis finish. Berikut adalah Top 10 finisher GP Spanyol :

  1. Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT)
  2. Maverick Viñales (Monster Energy Yamaha MotoGP) + 4.603
  3. Andrea Dovizioso (Ducati Team) + 5.946
  4. Jack Miller (Pramac Racing) + 6.668
  5. Franco Morbidelli (Petronas Yamaha SRT) + 6.844
  6. Pol Espargaro (Red Bull KTM Factory Racing) + 6.938
  7. Francesco Bagnaia (Pramac Racing) + 13.027
  8. Miguel Oliveira (Red Bull KTM Tech 3) + 13.441
  9. Danilo Petrucci (Ducati Team) + 19.651
  10. Takaaki Nakagami (LCR Honda Idemitsu) + 21.553