Posted on by @rief

Sian Model Hybrid Pertama Lamborghini Dengan 819 hp

Lamborghini akhirnya membuka selubung line up hypercar terbarunya pada ajang Frankfurt Motor Show 2019, yaitu Sian. Diproduksi terbatas, Sian menjadi salah satu mobil terkencang dan menjadi model hybrid pertama dari Lamborghini. Dapur pacu menggunakan mesin V12, serupa yang digunakan pada Aventador SVJ bertipe N/A dengan kapasitas 6.5-L 12 silinder.

Mesin tersebut menghasilkan tenaga 784 hp setelah menggunakan intake valve titanium. Tambahan motor listrik 48 volt, mendongkrak performa mencapai 35 hp, sehingga total performa dari Sian adalah 819 hp. Lamborghini juga mengklaim jika ini adalah mesin hybrid bertegangan rendah pertama, dan juga terintegrasi ke gearbox serta terhubung ke roda ketika ingin mundur atau melakukan manuver parkir.

Namun demikian Lamborghini meyakinkan jika suara khas mesin V12 tetap dilestarikan. Proses pengembangan yang dilakukan juga menawarkan akselerasi lebih disempurnakan dari model konvensional. Sehingga memungkinkan berlari dari 0 – 100 km/jam dalam waktu kurang 2,8 detik dan kecepatan tertinggi melebihi model SVJ yang hanya 349 km/jam.

Tenaga yang dihasilkan tidak disimpan ke battery lithium ion konvensional, tapi dihasilkan oleh unit super kapasitor yang tiga kali lipat lebih kuat dari model sel dengan bobot serupa, dan tiga kali lebih ringan dari baterai dengan output yang sama.

Penggunaan motor listrik juga memungkinkan kurva akselerasi lebih halus, yang diaktifkan pada perubahan gigi untuk mengurangi gejala perlambatan. Sehingga pada kecepatan 69-120 km/jam bisa 1,2 detik lebih cepat jika dibanding model SVJ.

Hanya dibuat sebanyak 63 unit saja, Sian menawarkan tingkat personalisasi tinggi kepada pembeli melalui divisi Ad Personam dengan cara dipesan lebih dahulu. Dan hebatnya ke-63 unit yang ditawarkan semuanya sudah terjual.

Source : Autocar

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store