Yunani Buka Museum Bawah Laut Sisa Reruntuhan Kapal

Yunani baru saja membuka sebuah museum yang terletak di bawah laut lepas pantai pulau Alonissos (1/8). Museum tersebut merupakan sisa reruntuhan kapal atau disebut ‘Parthenon of shipwrecks’ peninggalan abad ke-5 SM dan terbuka untuk wisata mulai 3 Agustus hingga 3 Oktober mendatang.

Reruntuhan tersebut merupakan bangkai kapal yang membawa ribuan botol anggur dan tenggelam sekitar tahun 425 SM akibat cuaca buruk di persimpangan Chalkidiki di Yunani Utara dan pulau Skopelos, Pari Kalamara.

Maria Agalou, presiden dewan kota Alonissos mengatakan kepada SKAI TV, bangkai kapal terletak pada kedalaman 21-28 meter dekat pantai pulau Peristera dan berisi 3.000 hingga 4.000 barang pecah belah kuno. Barang-barang tersebut ditemukan oleh seorang nelayan di tahun 1985 dengan kondisi sebagian besar masih utuh.

Kostas Agorastos, selaku gubernur wilayah Thessaly pulau Alonissos juga menyebutkan, dibukanya museum menawarkan penjelajahan bersejarah dari bangkai kapal. Pihak berwenang Yunani berencana membuka empat area bangkai kapal kuno, sehingga dapat diakses oleh penyelam amatir dan juga untuk meningkatkan kedatangan para wisatawan.

Source : Euronews