Posted on by @rief

Cek Mobil Kesayangan Setelah Liburan

cek mobil habis liburan

Dihabiskan ke mana libur akhir tahun Anda kemarin? Jika bepergian keluar kota dengan mobil kesayangan, kini waktunya Anda mengecek kondisi mobil agar kembali prima. Terlebih waktu liburan Anda melewati berbagai variasi jalan menantang untuk mencapai ke lokasi wisata tujuan.

Memang cara termudah adalah membawa mobil ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya untuk mendapatkan pelayanan full service. Tapi Anda bisa melakukan deteksi dini untuk menceritakan kondisi kendaraan atau bagian yang perlu mendapat perhatian lebih sebelum ditangani montir.

cek mobil habis liburan

cek mobil habis liburan

Bagian kaki-kaki atau ban bisa menjadi komponen pertama yang perlu diperiksa setelah mobil melakukan perjalanan jauh. Terlebih bagian inilah yang menerima beban dari mobil atau penumpang dan bersentuhan langsung dengan permukaan jalan.

Anda bisa melihat kondisi ban setelah pemakaian jarak jauh. Mulai dari ketebalan ban, dinding ban, tekanan angin hingga kondisi pelek. Jangan lupa untuk mengecek kondisi ban serep juga ya. Lebih ke bawah lagi Anda bisa mengecek kolong mobil, waspadai jika menjumpai kebocoran selang atau cairan di bawah mobil.

cek mobil habis liburan

Selanjutnya cek juga kondisi mesin. Bisa dimulai dengan memutar kunci kontak ke posisi ACC lalu ON dan lihat indikator di panel instrument apakah ada masalah yang ditandai dengan lampu indikator menyala. Lalu cek juga bagian lain di kompartemen mesin.

Mulai dari kondisi air wiper, air radiator, air aki, minyak rem, oli mesin, oli transmisi, power steering, freon AC dan lainnya. Jika mobil Anda terpasang sistem audio tambahan, cek pula fuse dan pastikan semua kabel tambahan terpasang dan tersambung dengan baik.

cek mobil habis liburan

Setelah dirasa normal, Anda bisa lanjut ke bagian dalam mobil. Cek kebersihan kabin dan interior mobil. Pastikan tidak ada kertas karcis tol, bungkusan atau sisa makanan serta minuman yang tertinggal, karena bisa menimbulkan bau tidak sedap yang bisa mengganggu konsentrasi saat mengemudi. Tugas membersihkan kabin bisa diminimalisir jika jok menggunakan bahan sintetis yang diproduksi khusus untuk otomotif dan dibekali fitur unggulan berstandar internasional.

Jika pengecekan awal sudah dilakukan, lanjutkan perawatan mobil kesayangan ke bengkel langganan untuk lebih detailnya.


Share This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store