Posted on by AB

Cherokee Ngetren Kembali

Jip berbodi kotak asal Amerika Serikat ini pernah jadi simbol mobil pria tangguh Indonesia di tahun 90’an silam. Dua dekade berlalu Jeep Cherokee XJ ternyata masih berkarisma dan tetap diburu penggemarnya.

Andai Anda ingin meminang Cherokee XJ perlu mengenalnya secara singkat bersama Mister MB. Jip ini datang ke tanah air pada tahun 1994 lewat APM Chrysler PT Djakarta Motor Company.

Kemudian Cherokee XJ dirakit di tanah air dan ditawarkan dalam dua tipe, Sport bertransmisi manual 5-speed dan Limited dengan transmisi otomatis 4-speed. Untuk mesin keduanya memakai mesin 6 silinder segaris, 4.000 cc.

Berikutnya baru di tahun 1997 Cherokee XJ mendapat tambahan pilihan mesin baru, yaitu mesin 4-silinder, 2.500 cc bertransmisi manual 5-speed. Karena kodratnya sebagai jip pastinya Cherokee dibekali fitur gardan 4x4 untuk bermain di medan off-road.

Sayangnya badai krisis moneter (krismon) 1998 kemarin membuat Cherokee harus berakhir cepat penjualannya. Bahkan harga bekasnya dulu masih terjangkau, namun siapa sangka sekarang berbalik kondisinya. Cherokee kembali naik daun dan membuat harganya melebih harga barunya dahulu kala.

Jimi Hendrik pemilik bengkel perawatan khusus Jeep JHS di Jatibening II, Bekasi menuturkan, “Betul kalau mesin Cherokee itu mudah panas, namun itu bisa dibenarkan dengan mengganti part orisinil Visco Fan dan radiatornya. Kemudian keluhan rem kurang pakem juga bisa ditambahkan dengan rem cakram di roda belakang, dan sekarang makin mudah mencari partsnya.”  

Pebengkel yang kenyang mengurusi brand Jeep ini juga menjelaskan Cherokee itu bandel dipakai off-road atau gagah dipakai harian di kota. Jenis aliran modifikasi SUV ini bisa bergaya City Slicker atau Sprint Rally hingga Off-Road.

Untuk interior Cherokee yang memakai kulit asli pastinya butuh restorasi jika pelapisnya sudah crack. Anda dapat mengganti bahan pelapis yang rusak dengan bahan dari MBtech yang terkenal di dunia otomotif.

Terakhir jika Anda telah mantap meminang Cherokee XJ bisa menyiapkan anggaran diatas 100 juta lebih. “100-150 juta bisa dibilang harga bahan layak, 150 juta keatas kondisi biasa dan 200 jutaan lebih super istimewa dan bisa dapat yang sudah dimodif,” tutup Jimi


Share This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store