Posted on by @rief

Google Kembangkan Fitur Berbagi File ‘Nearby Share’

Saat ini Google sudah memasuki tahap akhir menguji aplikasi alternatif yang berfungsi untuk berbagi file ke sesama perangkat Android. Cara kerjanya mirip dengan AirDroid di iOS. Diharapkan fitur yang diberi nama Nearby Share ini sudah bisa dinikmati oleh pengguna Android versi 6 ke atas pada bulan Agustus mendatang.

Pengujian masih terus dilakukan pada sejumlah perangkat tertentu untuk mendapatkan dukungan fitur ini. Termasuk pengguna Android yang sudah bisa mendownload versi beta di Google Play Services. Dan tidak hanya ke sesama Android, Google pun berencana membawa fitur ini untuk dapat digunakan ke platform sistem operasi lain, seperti Window, ChromeOS, macOS dan Linux.

Untuk mengaktifkan dan cara kerjanya fitur sangat mudah. Cukup masuk ke pengaturan, kemudian memilih perangkat Android yang diinginkan melalui kontak ponsel dan mengijinkan file berbagi. Selama saling berdekatan, cukup dengan satu kali klik, maka perangkat dapat saling mengirim dan menerima file. Jauh lebih mudah dari berbagi file melalui koneksi Bluetooth maupun WiFi Direct.

Terlepas dari usaha Google sebagai induk dari sistem operasi Android, beberapa produsen smartphone Android juga telah memiliki solusi serupa untuk saling berbagi file. Mulai dari Samsung dengan fitur Quick Share, lalu ada juga Oppo, Vivo dan juga Xiaomi dengan ShareMe.

Source : GSM Arena

Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store