Posted on by Penulis

Hachi-Roku Kini Ramah Lingkungan

Hachi-Roku atau 86 adalah sebuah angka ikonik yang identik dengan Toyota Sprinter Trueno AE86. Bahkan di negara asalnya, Jepang sampai dibuatkan film animasi Initial-D. Trueno berkelir putih hitam itu dikenal sebagai mobil tukang tahu yang suka nge-drift di gunung Akina.

Mobil milik Takumi itu di dunia nyata berhasil menjelma menjadi mobil ramah lingkungan yang mengikuti tren dunia otomotif saat ini. Buktinya dalam gelaran Tokyo Auto Salon 2023, Toyota Gazoo Racing (TGR) berhasil mengkonversi mesin peminum bensin menjadi peminum hidrogen dan listrik.

Dalam booth terdapat unit Toyota Corolla Levin GT-APEX listrik dan Sprinter Trueno GT-APEX hydrogen. Keduanya lengkap dengan gaya mobil tukang tahu si Takumi dan telah diujicoba dalam sirkuit drifting tanpa ada kendala.

Makin seru secara fisik keduanya tidak ada bedanya dengan AE86 regular, yang berbeda hanya di sektor bagasi, kedua bagasi AE86 versi ramah lingkungan dipenuhi oleh tabung hidrogen dan baterai.

Bahkan interiornya juga tidak ada ubahan, masih terlihat orisinil. Namun karena keduanya jelmaan mobil tukang tahu, maka TGR menaruh rollcage, jok bucket dan harness hasil daur ulang layaknya mobil drifting atau track day.

Seru ya, sayang keduanya berstatus demo car, andai dijual paket konversinya pasti menarik.


Share on This Post

0 Comment(s)
Tidak ada komentar, jadilah yang pertama berkomentar
E-Catalog Google Play
E-Catalog App Store